Analisis Kepuasan Masyarakat terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas Cihara Kabupaten Lebak Tahun 2022
Kualitas Pelayanan Kesehatan Puskesmas
Abstract
The aspect of community or patient satisfaction as a measure of the level of quality of health services, is a unique and complex phenomenon, which can be aligned or inconsistent with the professional code of ethics and quality standards set by the government. The purpose of this study was to determine and analyze public satisfaction with the quality of health services. The type of research used is quantitative research with descriptive methods. The population in this study were all patients/families of Cihara Health Center patients in Lebak Regency who were registered at the inpatient and outpatient counters during the study. The sample in this study were 50 respondents. Simple regression analysis method, validity test, reliability test, and t test (partial). The results showed that the t test was 12.060 > 2.01063, so Ho was rejected and Ha was accepted, so that it can be concluded that t count > t table, then there is a positive and significant influence from variable X (quality of health services) on variable Y (public satisfaction). ). In conclusion, 68% of patients consisting of outpatients, inpatients and patient families who visited the Cihara Inpatient Health Center felt dissatisfied with the health services provided by the Health Center staff. It is hoped that the Puskesmas will improve service quality, especially in terms of physical appearance (tangibles), responsiveness (responsiveness), and assurance (assurance).
Downloads
References
Menpan. Peraturan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2009 tentang Pedoman Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Dengan Partisipasi Masyarakat. 2009; 1–76.
Hartiningtiya B. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Jasa Kesehatan di RS. MH. Thamrin Purwakarta. Strata 1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis, http://repository.telkomuniversity.ac.id (2017).
Farida U, Hartono S. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ponorogo 2021: 185
Putri WCWS, Yuliyatni PCD, Aryani P, et al. Dasar-dasar Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). Modul Pembekalan Manajemen dan Program Puskesmas 2019;14
Griffin RW. Manajemen. In: Erlangga (ed). Jakarta, 2014.
Widhiastuti H, Asih GY, Kurniawan Y. Mengelola Stress Pada Pekerjaan yang Beresiko Tinggi. 2020.
Swarjana IK. Konsep Pengetahuan Sikap, Prilaku, Persepsi, Stres, Kecamasan, Nyeri, Dukungan Sosial, Kepatuhan, Motivasi, Kepuasan, Pandemi Covid-19, Akses Layanan Kesehatan. Andi 2022; 4: 3–12.
PANJAITAN SKA. Proses Peningkatan Mutu Asuhan Keperawatan di Rumah Sakit, https: //osf.io/ preprints/ xu38h/ %0A https: //osf.io/ xu38h/ download.
Sahadi, Taufiq OH, Wardani AK. Karakter Kepemimpinan Ideal Dalam Organisasi. J Moderat 2020; 6: 519.
Terry G. Principles of Management terjemahan. G.A. Ticoalu. Dasar- dasar Manajemen. In: Aksara B (ed). Jakarta, 2010.
Siadari C. Pengertian Kepuasan Pelanggan menurut Para Ahli, https://www.kumpulanpengertian.com/2019/01/pengertian-kepuasan-pelanggan-menurut.html (2019).
Prof. J. Supranto. M.A. A. Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Meningkatkan Pangsa Pasar. In: Cipta R (ed). Jakarta, 2011.
Purwanto EA, Tyastianti D, Taufiq A, et al. Modul Pelayanan Publik. Lemb Adm Negara 2016; 53: 1–90.
Kotler, Philip et al. Manajemen Pemasaran Perspektif Asia. Buku Dua.
Suharsimi A. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Ed. Rev. V. Jakarta, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=217760 (2011).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In: Alfabeta (ed). Bandung, 2018.
Aedi N. Bahan Belajar Mandiri Metode Penelitian Pendidikan Pengolahan Dan Analisis Data Hasil Penelitian. Fak Ilmu Pendidik 2010; 1–30.
Imran, Imran, Yulihasri Yulihasri, Almasdi Almasdi, dan Yimmi Syavardie. 2021. “Dampak Persepsi kualitas pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Puskesmas.” Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora 5(3):389. doi: 10.23887/jppsh.v5i3.40846.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.