Jurnal  Sehat Mandiri dengan p-ISSN : 1978-8517  e-ISSN : 2615-8760 berdiri dimulai pada tahun 2012 dengan sistem publikasi jurnal dengan terbitan cetak dan sejak tanggal 06 Maret 2018 Jurnal Sehat Mandiri sudah berpindah dari cetak ke Open Journal Systems (OJS) dimana publikasi dilakukan secara online dimana penulis, pembaca dan mahasiswa bisa mengkases jurnal ini tanpa dibatasi ruang dan waktu. Jurnal Sehat Mandiri adalah sebuah jurnal peer-review yang didedikasikan untuk publikasi hasil penelitian yang berkualitas dalam  bidang Kesehatan .  Jurnal Sehat Mandiri menerbitkan secara berkala dua kali setahun yaitu pada Bulan Juni, dan Desember. Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan oleh Tim Jurnal Poltekkes Kemenkes Padang. Semua publikasi di jurnal Sehat Mandiri bersifat terbuka yang memungkinkan artikel tersedia secara bebas online tanpa berlangganan.

Fokus dan Ruang Lingkup

Jurnal  Sehat Mandiri dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis-kritis mengenai penelitian Kesehatan seperti, Ilmu-ilmu Kebidanan, Ilmu Kesehatan Lingkungan, Ilmu Keperawatan, Ilmu Gizi, Ilmu Keperawatan Gigi dan Ilmu Promosi Kesehatan, Kedokteran, Farmasi, Analisis Kesehatan, Fisioterapi, Elektromedik, Rekam Medik, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Teknologi Informasi yang berhubungan dengan kesehatan. Sebagai bagian dari semangat menyebarluaskan ilmu pengetahuan hasil dari penelitian dan pemikiran untuk pengabdian pada Masyarakat luas dan sebagai sumber referensi akademisi di bidang Kesehatan.

Setiap artikel yang masuk sebelum diterbitkan akan melalui proses Cek Plagiat melalui alat bantu plagiarisma.net. Jika diindikasi mayor plagiarisme maka Naskah ditolak untuk terbit.