Pengaruh Edukasi Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19
Abstract
Coronavirus (CoV) is the cause of respiratory system disease with mild to severe symptoms. The first COVID-19 was reported in Indonesia on March 2, 2020, with as many as two cases. The Indonesian Pediatrician Association West Sumatera recorded that until July 25, 2021, 8,429 children from the age of 0-18 years were attacked by Covid-19. Prevent the transmission by implementing health protocols (wearing masks, washing hands, keeping distance, staying away from crowds, and limiting mobility). Observations show that there are people who do not follow these regulations. The purpose of this study was to determine the effect of education on students' knowledge about preventing the spread of the Covid-19 virus. The type of research used is quantitative research with a quasi-experimental study with a one-group pretest-posttest research design. This study used a group that was given an educational intervention using PowerPoint, video, and demonstrations. Sampling technique with a total population of 36 respondents. Processing data using paired T-test. The average value after being given education (18.17) was higher than before (16.19) with p-value = 0.000. It can be concluded that education affects students' knowledge about preventing the spread of the Covid-19 virus at SDN 17 Gunung Pangilun Padang. The school is advised to implement health protocols in schools to prevent the spread of Covid-19 at SDN 17 Gunung Pangilun Padang.
Downloads
References
Sari RK. Identifikasi Penyebab Ketidakpatuhan Warga Terhadap Penerapan Protokol Kesehatan 3M Di Masa Pandemi Covid-19. J Akrab Juara. 2021;6(1):84-94.
World Health Organization. Situation Report – 42.; 2020.
Satgas Penanganan COVID-19. Data Sebaran Covid-19.(2022). www.covid19.go.id.
Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Barat. Data Pantauan Covid-19 Sumatera Barat.; 2021. https://sumbarprov.go.id/
Zimmermann P, Curtis N. Coronavirus Infection in Children Including COVID- 19. Pediactic Infect Diases J. 2020;39(5):355-368.
Mujiburrahman, Riyadi ME, Ningsih MU. Pengetahuan Berhubungan dengan Peningkatan Perilaku Pencegahan COVID-19 di Masyarakat. J Keperawatan Terpadu. 2020;2(2):130-140.
Yanti NPED, Nugraha IMADP, Wisnawa GA, Dian NP, Agustina, Diantari NPA. Gambaran Pengetahuan Masyarakat tentang Covid-19 dan Perilaku Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):491-503.
Notoatmodjo S. Pendidikan Dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta; 2012.
Notoatmodjo S. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku. Rineka Cipta; 2012.
Sulistyani, Suhandinata F, Rezi AH. Pengaruh Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat terhadap Tingkat Pengetahuan pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Sragen. In: Proceeding Book Call for Paper Thalamus: Medical Research For Better Health In Pandemic. ; 2020:111-116.
Ferryanti M, Asriati, Kusnan A. Pengaruh Penyuluhan Pencegahan Covid-19 Terhadap Pengetahuan dan Sikap Masyarakat di Kelurahan Wajo Kota Bau-Bau. J Ilm Obs. 2021;13(2):1-8.
Marisa N. Pengaruh Pendidikan Gizi Melalui Komik Gizi Seimbang terhadap Pengetahuan dan Sikap pada Siswa SDN Bendungan di Semarang. J Nutr Coll. 2014;3(4):925-932.
Nurhidayat O, Wahyono B. Perbandingan Media Powerpoint dengan Flip Chart dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut. UNNES J Public Heal. 2012;3(2):32-33.
Nugraha FA, Nur’aeni E, Suryana Y, Wahid MR. Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. J Ilmu Pendidik. 2021;3(5):2760-2768.
Eismann K, Posegga O, Fischbach K. Opening Organizational Learning in Crisis Management: on The Affordances of Social Media. J Strateg Inf Syst. 2021;30(5).
Aeni N, Yuhandini DS. Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Video dan Metode Demonstrasi terhadap Pengetahuan SADARI. J Care. 2018;6(2):162-173.
Kusdinar D. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam dengan Penerapan Metode Demonstrasi Siswa Kelas IV SD Negeri 010 Banjar Panjang Kecamatan Kerumutan. J Prim Progr Stud Pendidik Guru Sekol Dasar. 2016;5(3):308-316.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
 - Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
 - Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
 - Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
 - Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
 - Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
 
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
							
							
























