Faktor yang Berhubungan dengan Perkembangan Motorik Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Kampa Kabupaten Kampar Provinsi Riau
Abstract
Toddlerhood is a critical period that determines the growth and development of children. According to UNICEF in 2015, the number of motor development disorders in children was 3 million (27.5%). The results of the 2012 SDKI showed that the number of early childhood (0-6 years) was 26.1 million, about 14.1 per cent had developmental delays. Based on the results of monitoring in the Kampa Community Health Centre working area, Tanjung Berulak village is the village with the highest percentage of developmental delays in toddlers. The purpose of the study was to analyse the relationship between education, occupation, and parenting patterns of mothers with the development of mokorik toddlers in the working area of the Kampa puskesmas in Kampar district in 2022. This study used a cross sectional design. The population is all toddlers who have KMS. Samples were taken from a total population of 52 toddlers. The research location is in Tanjung Berulak village, Kampa health centre working area, Kampar Regency. Data analysis using Fisher's Exact statistical test. The results of the study showed a relationship between education, occupation, and parenting of mothers with motor development of toddlers in the Kampa Health Centre Working Area in 2022. It is expected that health workers can increase preventive efforts through health promotion for mothers of toddlers related to delays in motor development.
Downloads
References
Sunanti, F N. Karakteristik Orang Tua dan Perkembangan Balita Usia 12-59 Bulan. J care [Internet]. 2016;4(3):50–61. Available from: https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/viewFile/434/432
UNICEF. Levels and Trends in Child Mortality, Report 2015. New York; 2015.
Kemenkes. Riset Kesehatan Dasar. Jakarta; 2013.
Herlina S. Hubungan Lingkungan Pengasuhan dan Pekerjaan Ibu Terhadap Perkembangan Bayi 6-12 Bulan. J Kesmas Asclepius. 2019;1(2):95–8.
Sri Asri A. Hubungan Pola Asuh Terhadap Perkembangan Anak Usia Dini. J Ilm Sekol Dasar. 2018;2(1):1.
Yunita D, Luthfi A, Erlinawati E. Hubungan Pemberian Stimulasi Dini Dengan Perkembangan Motorik Pada Balita Di Desa Tanjung Berulak Wilayah Kerja Puskesmas Kampar Tahun 2019. J Kesehat Tambusai. 2020;1(2):61–8.
Meidina NF, Sulistyorini L, Juliningrum PP. Gambaran Perkembangan Motorik Kasar pada Balita Usia 1-3 Tahun dengan Stunting di Wilayah Kerja Puskesmas Sumberjambe, Jember. Pustaka Kesehat. 2019;7(3):164.
Marmi. Asuhan Kebidanan Balita dan Anak Prasekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2014.
Musthofa A. Literatur Review; Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Anak Pra Sekolah. 2022;XVI:1.
Warseno A, Hidayatus Solihah. Tingkat Pendidikan Ibu Memiliki Hubungan Dengan Status Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. J Keperawatan Malang. 2019;4(1):57–66.
Taju CM, Babakal A. Hubungan Status Pekerjaan Ibu dengan Perkembangan Motorik Halus dan Motorik Kasar Anak Usia Prasekolah di PAUD GMIM Bukit Hermon dan TK Idhata Kecamatan Malalayang Kota Manado. eJournal Keperawatan. 2015;3(2):0–7.
Eka R F, Setyaningsih A. Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 1-3 Tahun. J Kebidanan. 2012;IV(2):1–14.
Munir Z, Virana H. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar dan Halus Usia Pra Sekolah. 2019;7.
Riau DP. Profil Kesehatan Provinsi Riau 2018 [Internet]. Pekanbaru; 2018. Available from: https://dinkes.riau.go.id/
Kampar DK. Profil Kesehatan Kabupaten Kampar. Kabupaten Kampar; 2018.
Kampar DK. Profil Kesehatan Kabupaten Kampar. Bangkinang; 2020.
Yusuf M, Jurniati. Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini. J Tunas Cendekia [Internet]. 2018;1(1):31–8. Available from: ejournal.iainpalopo.ac.id/index.php/tunascendekia
Kurniasari L, Karina S. Hubungan Status Pekerjaan Ibu Dengan Pencapaian Perkembangan Motorik Pada Anak Usia 5-7 Tahun. J Dunia Kesmas. 2020;8(4):226–32.
Sari A, Redjeki DSS, Anggarani RP. Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Banjarmasin. Din Kesehat J Kebidanan dan Keperawatan [Internet]. 2015;6(1):104–12. Available from: https://ojs.dinamikakesehatan.unism.ac.id/index.php/dksm/article/view/89
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
 - Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
 - Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
 - Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
 - Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
 - Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
 
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.
							
							
























