Analisis Faktor yang Berpengaruh dengan Kualitas Pelayanan Rawat Inap RSKDIA Siti Fatimah Kota Makassar
Abstract
The quality of health services, whether good or bad, will affect the level of patient satisfaction because patients will provide responses and assessments of the quality of health services. At RSKDIA Siti Fatimah, there was a decrease in the number of inpatients from 2021 to 2023. The purpose of this study was to determine the factors that influence the quality of inpatient services at RSKDIA Siti Fatimah, Makassar City. The type of quantitative research with a cross-sectional approach, a population of 245 patients and sampling using a simple random sampling technique so that the sample obtained was 71 patients. Data Collection Technique Through Direct Observation Using Questionnaires. Data analysis using Chi Square analysis. The variables studied were: Service Quality, Reliability, Direct Evidence, Responsiveness, Assurance, Empathy. The results of the study found the p value of Reliability with Service Quality (p = 0.012), responsiveness with Service Quality (p = 0.007), assurance with Service Quality (p = 0.002), empathy with Service Quality (p = 0.000), Direct Evidence with Service Quality (p = 0.033), based on the multivariate test, the most influential empathy variable was obtained. Conclusion There is an influence of Reliability, responsiveness, assurance, empathy and Direct Evidence on Service Quality. It is recommended that hospitals maintain good service quality to patients.
Downloads
References
Rahmiati, Temesveri NA. Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Dengan Minat Kunjungan Ulang Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Kabupaten Tangerang Tahun 2019. 2020;13(1):13–21.
Anggriani A, Oliver J. Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.
Rahmawati RD, Iljanto S. Faktor-faktor yang Berpengaruh Dengan Tingkat Kunjungan Rawat Jalan Di RS Ananda Bekasi Tahun 2017. 2017.
Anathasia SE, Mulyanti D. Faktor-Faktor yang mempengaruhi peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit : Tinjauan Teoritis. J Ilm Kedokt DAN Kesehat. 2023;2(2):145–51.
Nurjaman I, Setiawan A, Setiawati. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN. Indones Nurs J Educ Clin. 2023;3(4):183–95.
Sari R, Masriadi, Patimah S. HUBUNGAN STATUS GIZI,KUALITASTIDUR DAN TINGKAT KECEMASAN DENGAN DERAJAT HIPERTENSI DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS TAMALATE. Wind Heal J. 2023;4(2):208–16.
Kemenkes RI. Juknis SIRS 2011: Sistem Informasi Rumah Sakit. Kementeri Kesehat RI Direktorat jenderal Bina Upaya Kesehat. 2011;1–48.
Tampubolon E, Silalahi N, Siddiq M. FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSU MITRA MEDIKA AMPLAS MEDAN TAHUN 2021. J Penelit Farm Herb. 2021;4(1):105–15.
Ulinuha FE. KEPUASAN PASIEN BPJS (BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL) TERHADAP PELAYANAN DI UNIT RAWAT JALAN (URJ) RUMAH SAKIT PERMATA MEDIKA SEMARANG TAHUN 2014 Fuzna Elsa Ulinuha. 2014;
Kurniawan A. Hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit tingkat iv slamet riyadi surakarta. J Ilm Rekam Medis dan Inform Kesehat. 2017;7(1):43–50.
Wahyuni A. FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI RSU FULL BETHESDA KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN 2018. 2018.
Siti Kurnia Widi H, Mudayana AA, Nurdhila AP. Hubungan Mutu Pelayanan dengan Kepuasan Pasien Peserta BPJS di Rumah Sakit Umum Daerah Yogyakarta. 2017;11(2).
Achmad R, Riza Y. HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI BP . GIGI PUSKESMAS KELAYAN DALAM. An-nada J Kesehat Masy. 2014;1(1):26–31.
Lubis RA, Putri AD, Ginting T, Utara S. PASIEN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SEI MENCIRIM MEDAN TAHUN 2020. J Keperawatan dan Fisioter. 2020;3(1).
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.