Efektivitas Permainan Ular Tangga sebagai Media Edukasi Kesehatan Gigi bagi Anak Sekolah Dasar
Abstract
Lack of dental and oral health knowledge can lead to dental and oral health problems. Dental and oral health problems that are often experienced as caries, periodontitis, gingivitis and tartar. One of the risk populations is elementary school children. Providing dental and oral health education can reduce the risk of dental and oral health problems. One of the educational media that needs to be created to attract children's interest in learning is the snakes and ladders game. This study aims to examine the effectiveness of the snakes and ladders education media on dental and oral health knowledge in class IV students at SDN 131/IV Jambi City. The method used in this research is a Quasi Experimental Design. Based on the calculation of the minimum sample size, it was determined that the subjects participating in this study amounted to 32 samples. Questionnaires are used as a research data collection tool. The data obtained will be analyzed using univariate and bivariate analysis. The research results on maintaining oral health before and after education using snakes and ladders had an average value of 5.06 to 11.13. Knowledge before and after education with the demonstrative method had an average value of 4.94 to 7.63. Statistically, there was a significant difference between treatment and control (P=0.000). Counseling using the snakes and ladders game as a medium for dental and oral health knowledge is effective in enhancing elementary school children's understanding of dental and oral health.
Downloads
References
Marâ H, Priyanto W, Damayani AT. Pengembangan media pembelajaran tematik ular tangga berbagai pekerjaan. Mimbar PGSD Undiksha. 2019;7(3).
Ri K. Hasil Utama Riset Kesehatan Dasar. Jakarta: Kementerian Kesehatan Re-publik Indonesia. 2018;
La Ode Alifariki SK. Gizi Anak dan Stunting. Penerbit LeutikaPrio; 2020.
Kantohe ZR, Wowor VNS, Gunawan PN. Perbandingan efektivitas pendidikan kesehatan gigi menggunakan media video dan flip chart terhadap peningkatan pengetahuan kesehatan gigi dan mulut anak. e-GiGi. 2016;4(2).
Rekysika NS, Haryanto H. Media pembelajaran ular tangga bilangan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 5-6 tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 2019;10(1):56–61.
Husna N, Prasko P. Efektivitas penyuluhan kesehatan gigi dengan menggunakan media busy book terhadap tingkat pengetahuan kesehatan gigi dan mulut. Jurnal Kesehatan Gigi. 2019;6(1):51–5.
Salsa DT, Isnanto I, Hidayati S. Pengetahuan Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut Sebelum dan Sesudah Penyuluhan Menggunakan Media Ular Tangga (Studi pada siswa kelas IV SD Islam An-Nur Surabaya tahun 2022). Jurnal Ilmiah Keperawatan Gigi. 2022;3(2):262–71.
Sitanaya RI, Lesmana H, Irayani S, Septa B. Simulasi Permainan Ular Tangga Sebagai Media Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi dan Mulut Anak Usia Sekolah Dasar. Media Kesehatan Gigi: Politeknik Kesehatan Makassar. 2021;20(2):28–33.
Setiadi OK, Yulianti NR, Wahyuningrum E, Nancy C. Efektivitas Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Gigi Dan Mulut Menggunakan Media Video Dan Permainan Ular Tangga Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri Candi 01 Semarang. Jurnal Perawat Indonesia. 2020;4(3):459–68.
Kristianto J, Priharti D, Abral A. Efektifitas peyuluhan kesehatan gigi dan mulut dengan media video melalui whatsapp dalam meningkatkan derajat kesehatan gigi dan mulut di Panti Asuhan Yos Sudarso Jakarta. Quality: Jurnal Kesehatan. 2018;12(1):8–13.
Reca R, Mardhiah A, Nuraskin CA. Pelaksanaan Dental Health Education (DHE) dalam meningkatkan status kebersihan gigi dan mulut pada murid SDN 33 Kota Banda Aceh. Jurnal SAGO Gizi dan Kesehatan. 2020;1(2):128–33.
Chabib M, Djatmika ET, Kuswandi D. Efektivitas pengembangan media permainan ular tangga sebagai sarana belajar tematik SD. State University of Malang; 2017.
Ghea PN. Edukasi Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Pengetahuan Kebersihan Gigi Dan Mulut Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Borneo Akcaya. 2019;5(1):31–43.
Marsidi M, Agustin IH. Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Melalui Media Pembelajaran Ular Tangga di SDN Sukorejo 6. Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat. 2024;8(1):41–8.
Aprita A. Asuhan Keperawatan Komunitas Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Modifikasi Permainan Ular Tangga, Audio Visual Dan Demonstrasi Cara Menggosok Gigi Dalam Upaya Peningkatan Pengetahuan Dan Mekanisme Menggosok Gigi Yang Benar Di Sdn 16 Anduring Kota Padang. Universitas Andalas; 2019.
Surani S. Peningkatan Hasil Belajar Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan, melalui Metode Demonstrasi menggunakan Peraga Permainan Ular Tangga pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Kedungbocok Tarik Sidoarjo. Jurnal Pembelajaran dan Riset Pendidikan (JPRP). 2022;2(2):15–20.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.