Perbedaan Efektivitas Metode Demonstrasi dan Pemutaran Video Animasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Cuci Tangan Pakai Sabun Siswa SDN 043/XI Koto Renah
Abstract
Hand washing is one of the most important interventions which is effective in preventing the infection of various microbial diseases. Based on Riskesdas data (2018) the level of knowledge of CTPS in Indonesian society is still low, only 17% of school-age children are performing the correct CTPS. One of the ways to increase knowledge of CTPS is through health promotion. The purpose of this study was to determine the differences in the effectiveness of the demonstration method and animated video playback in increasing knowledge about CTPS among grade IV students of SDN 043/XI Koto Renah. This type of research uses a quasi-experimental approach with a two-group pre-post test design approach. The research population was all IV grade students of SDN 043/XI Koto Renah. The sampling technique used is total sampling. The study was conducted from June 3 to 4 June, 2021. Data were analyzed univariately in the form of frequency distribution and bivariate using dependent t-test statistical test and independent t-test. The results showed that there was no significant difference between the demonstration method and the animation video playback method. The statistical test results obtained a p-value of 0.229 > 0.005, meaning that the demonstration method and animated video playback were equally effective in increasing students' knowledge of CTPS.
Downloads
References
WHO. World Health Statistic 2017. In 2017.
Kementerian Kesehatan RI. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta Selatan; hal. 2016.
Koto SDN 043/XI. Profil SD Negeri 043/XI Koto Renah. 2021;
Listyarini AD. Penyuluhan dengan media audiovisual meningkatkan perilaku hidup bersih sehat anak usia sekolah. :112–7. Tersedia pada: http://lpp.uad.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/14.-anita-dyahlistyarini-112-117.pdf
Notoatmodjo S. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Rineka Cipta; 2018.
Dyah A. Penyuluhan dengan Media Audio Visual Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. 2017;(4).
Azwar. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar; 2013.
Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta. Bandung: Alfabeta; 2018.
Mutmainah, H., & Ilham DAN. efektivitas metoda promosi kesehatan. padang; 2018. 128 hal.
Kholid A. Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku Media dan Aplikasi. Jakarta: Rajawali Pers; 2015.
Kurniatillah N. Pengaruh Penyuluhan PHBS tentang Cuci Tangan Pakai Sabun terhadap Pengetahuan, Sikap dan Praktik Siswa Kelas V SDN Taman Kota Serang. 2017;3–5.
Wati. Pengaruh Intervensi Penayangan Video terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Tentang Cuci Tangan Pakai Sabun pada Siswa SDN 10 Kabawo Tahun 2016. 2017.
Sari Pusvyta. Analisis Terhadap Kerucut pengalaman Edgar Dale Dan Keragaman Gaya Belajar Untuk Memilih Media Yang Tepat Dalam Pembelajaran. 2019.
Ali H dkk. Millennial Nusantara. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka Utama;2017
Lestari T. Kumpulan Teori untuk Kajian Pustaka Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2015.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.