Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Kelurahan Lubuk Buaya Padang Tahun 2019

  • Wulandari Defera Kebidanan
  • Aprizal Ponda Poltekkes Kemenkes Padang
  • Yussie Ater Merry Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: Parent’s knowledge; Parent’s nurture; Preschool children development

Abstract

Data from the Padang City Health Service 2017 from 23 Puskesmas in Padang City, Lubuk Buaya Health Center 60% of the highest deviations in child development. One of the factors that influence it is the knowledge and parenting style of parents. The purpose of the study was to determine the relationship between the level of knowledge and parenting styles of parents with the development of preschool children in Darul Falah Kindergarten, Lubuk Buaya Padang Village in 2019. The type of research is an analytical survey with a cross-sectional design. The population is all parents and preschool children in Darul Falah Kindergarten as many as 50 people, the sampling technique is the total population. Collecting data using a questionnaire. Data analysis with univariate and bivariate using Chi-Square. It was found that 36% of preschool children's development was not appropriate, 26% of respondents had poor parental knowledge, 34% of parenting styles were at risk. The relationship between the respondent's level of knowledge with child development and the relationship between parenting patterns and child development obtained p value = 0.000 (p <0.05). There is a relationship between the level of knowledge and parenting patterns of parents with the development of preschool children in Darul Falah Kindergarten, Lubuk Buaya Padang Village in 2019. It is hoped that health workers will socialize stimulation of child development with counseling and preschool health promotion for parents.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Fida M. Pengantar Ilmu Kesehatan Anak. Yogyakarta: D-Medika; 2012.

UNICEF Indonesia. Laporan Tahunan. In 2012. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/id

Widati A. Pengaruh Terapi Bermain: Origami Terhadap Perkembangan Motorik halus dan Kognitif Anak Usia Prasekolah (4-5 tahun) tahun 2012. 2012; Available from: https://eprints.ums.ac.id

Hidayat AA. Pengantar Ilmu Keperawatan Anak 1. Surabaya: Salemba Medika; 2011.

Soetjiningsih. Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: EGC; 2013.

Departemen Kesehatan RI. Profil Kesehatan Indonesia tahun 2016. In Kementrian Kesehatan RI; 2016.

Soetjiningsih. Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai dengan Kanak-kanak Akhir. Depok: Prenadamedia Group; 2018.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Buku Ajar Kesehatan Ibu dan Anak. Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2015.

Kemenkes RI. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan; 2018.

Lasiyati. Hubungan Pola Asuh Orang tua dengan Pertumbuhan dan Perkembangan Personal Social, Motorik dan Bahasa Anak Usia Prasekolah di PAUD Al-Hidayah Mojokerto. 2012; Available from: https://scholar.google.co.id

Kementerian Kesehatan RI. Kondisi Pencapaian Program Kesehatan Anak Indonesia tahun 2015. In: Profil Kesehatan Info Datin. Jakarta: Kementrian Kesehatan RI; 2015.

Syah M. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada; 2013.

Friedman. Buku Ajar Keperawatan Keluarga Riset, Teori & Praktik. Jakarta: Buku Kedokteran EGC; 2010.

Dinas Kesehatan Kota Padang. Profil Kesehatan Kota Padang. In Padang: Dinas Kesehatan Kota Padang; 2017.

Nasir A. Buku Ajar Metodologi Penelitian Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika; 2011.

Kosoregan I. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Dini dengan Perkembangan Anak Usia 4-5 tahun di Desa Ranoketang Atas. ejournal keperawatan (e-Kp) [Internet]. 1(1). Available from: https://scholar.google.co.id/ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/2187

Handayani, Anik, Samiasih, Amin, Mariyam. Hubungan Tingkat Pengetahuan Orang Tua Tentang Stimulasi Verbal Dengan Perkembangan Bahasa Pada Anak Prasekolah Di Tk Pgri 116 Bangetayu Wetan. J Keperawatan. 2013;6(2):76–83.

Budiman. Kapita Selekta Kuesioner : Pengetahuan dan Sikap dalam Penelitian Kesehatan. Jakarta: Salemba Medika; 2013.

Zahro AA. Hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi verbal dengan perilaku membaca cerita pada anak di Dusun Petet Desa Tuntang Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang. Univ Sebel maret surakarta J [Internet]. Available from: https://digilib.uns.ac.id/dokumen/detail/10713/

Apriastuti. Analisis Tingkat Pendidikan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan di Desa Mudal Boyolali. Bidan Prada J Publ Kebidanan Akbid YLPP Purwokerto [Internet]. 2013; Available from: https://index.php/Prada/article/view/28

Hurlock. Psikologi Perkembangan Edisi 5. Jakarta: Erlangga; 2014.

Setia D. Hubungan tingkat pola asuh dengan perkembangan sosial anak usia dini di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi tahun 2017 [Internet]. 2017. Available from: https://repository.unja.ac.id/2525/
Published
2021-12-26
How to Cite
Defera, W., Ponda, A., & Merry, Y. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak Prasekolah di Kelurahan Lubuk Buaya Padang Tahun 2019. Jurnal Sehat Mandiri, 16(2), 33-45. https://doi.org/https://doi.org/10.33761/jsm.v16i2.353