Model Promosi Kesehatan “JEM” Upaya Mitigasi Bahaya Kebakaran pada Anak di Wilayah Kerja Pemadam Kebakaran Ciracas
Abstract
Public awareness in mitigating the dangers of fire is still lacking, as can be seen from the high number of fire incidents. The DKI Fire Department recorded 9,200 fires in the 2019-2023 period. Fire mitigation requires a learning model. The Fire Department does not yet have a fire mitigation health promotion model. Based on this, the JEM (Mitigation Effectiveness Bridge) model was formulated, which is a fire mitigation learning model. This model was built in several stages using the ADDIE method. Method: Mixed method research design with 2 types of research studies. Qualitative study designing a health promotion model and developing fire mitigation media; Quantitative studies test the effectiveness of media. Qualitative study focus group discussion respondent 4 experts in Health Promotion, K3, Children's Education and media. ; Quantitative quasi-experiment study with respondents of 30 children aged 8-12 years. Results: qualitative study output JEM Model and audio-visual media for fire mitigation. Quantitative Study Media effectiveness test, sample paired t test results showed differences in children's abilities in mitigating fire disasters, pretest = 4.6333, posttest = 9.6667. There is an increase in children's abilities in knowledge of fire hazard mitigation Sig (2 tailed) < 0.05. Conclusion: The JEM Health Promotion Model has proven to be effective and easy for school children to understand regarding fire disaster mitigation.
Downloads
References
Aji BW. Analisis Tingkat Resiko Bencana Kebakaran Di Kecamatan Mariso Kota Makassar Berbasis Sistem Informasi Gegrafis (Sig). Plano Madani J Perenc Wil dan Kota. Published online 2016.
Setyanugrah F, Setyadi I, Desain J, Industri P, Teknik F, Sepuluh IT. 5 Perancangan Board Game Sebagai Media. 2017;6(1):62-68.
Supriyanto & dkk. Analisis Kebijakan Pencegahan Dan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan Di Provinsi Jambi. Pembangunan Berkelanjutan.; 2018.
Ashari ML, Prastiwi TR, Annabila AR, Rahmadani NR, Kusuma ADP. Sosialisasi Kebakaran Dan Penangannya Pada Siswa Sekolah Dasar Di Surabaya Guna Meningkatkan Self-Readiness Terhadap Bencana Kebakaran. J Cakrawala Marit. 2018;1(1):21-24. doi:10.35991/cakrawalamaritim.v1i1.428
Sujiono YN. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Index; 2009.
Latif M. Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana Prenamedia; 2014.
Sugiyono. Sugiyono Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Metod Penelit Kuantitatif Kualitatif. Published online 2018.
Hastjarjo TD. Rancangan Eksperimen-Kuasi. Bul Psikol. Published online 2019. doi:10.22146/buletinpsikologi.38619
Sudirman. Perencanaan dan Evaluasi Kesehatan. Univ Muhammadiyah Purwokerto. Published online 2016.
Steven. Faktor Faktor Yang Mempengaruhi Upaya Penanganan Pra Bencana Kebakaran Di Tingkat Komunitas. FISIP UI; 2017.
Ramli S. Pedoman Praktis Manajemen Risiko Dalam Perspektif K3 OHS Risk Management.; 2017.
Rachmawati WC. Promosi Kesehatan Dan Ilmu Perilaku Kesehatan.; 2019.
Faradi AA. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Guru. Berajah J. Published online 2021.
Zain M. PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN PEMILIHAN BAHAN AJAR. Inspiratif Pendidik. Published online 2017. doi:10.24252/ip.v6i1.4925
Tarigan D, Siagian S. PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN EKONOMI. J Teknol Inf Komun DALAM Pendidik. Published online 2015. doi:10.24114/jtikp.v2i2.3295
Kumparan. Mengenal Aspek Kognitif beserta Fungsinya dalam Kehidupan. Info Psikologi. [Online] Juni 2023. https://kumparan.com/info-psikologi/mengenal-aspek-kognitif-beserta-fungsinya-dalam-kehidupan-20eXEMop7rh.
Tamjidnoor. Konsep Penerapan Aspek Afektif Pada Mata Pelajaran Akhidah Akhlak. J UIN Antasari. Published online 2017.
Winingsih LH. Penguatan Ranah Psikomotorik Siswa Sekolah Dasar. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan; 2020.
Suhan Ranta, M. (2021, December Selasa). Addie model pembelajaran efektif dan solutif dalam penulisan karya ilmiah. Diambil kembali dari Padmanaba : https://sma3jogja.sch.id/blog/addie-model-pembelajaran-efektif-dan-solutif-dalam-penulisan-karya-ilmiah
Setiawati, A. C. (2018). Proses Pembelajaran Dalam Pendidikan Kesehatan. Jakarta: Trans Info Media.
Waryanto, N. H. (2017). Penggunaan Media Audio Visual dalam Menunjang Pembelajaran . Pendidikan, 61.
Muhaimin, A. (2018). Implementasi Social Learning Theory Albert Bandura Dalam Pembelajaran Fikih Di MTs . DDI PARIA Kabupaten Wajo. 31
Adventus. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Universitas Kristen Indonesia
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.