Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang

  • Feby Aprilia Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang
  • Renidayati Renidayati Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang
  • Herwati Herwati Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang
  • Heppi Sasmita Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang
  • Tasman Tasman Program Studi Sarjana Terapan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Padang
Keywords: Kecerdasan Emosional, Kenakalan remaja, Remaja

Abstract

Angka kenakalan remaja mengalami peningkatan 0,70% dapat dilihat dari tingginya kenakalan remaja seperti membolos, merokok, berkelahi, dll. Kenakalan remaja dipengaruhi beberapa factor yaitu keluarga, teman sebaya yang kurang baik, lingkungan tempat tinggal serta kecerdasan emosional yang rendah. Kecerdasan emosional mampu mengendalikan remaja dengan baik untuk membangun diri sendiri ,memahami diri sendiri dan hubungan interpersonal yang baik dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan emosional dengan kenakalan remaja. Penelitian ini dilakukan bulan Oktober 2022-Juni 2023 di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang. Desain penelitian Cross Sectional. Populasi pada yaitu 481 orang dan sampel 83 orang menggunakan rumus Slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan google form. Analisis data dengan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan remaja mengalami kecerdasan emosional rendah  (53,0%) dan  remja mengalami kenakalan remaja tinggi (54,2%) ada hubungan antara kecerdasan emosional dengan kenakalan remaja di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Padang dengan nilai (p-Value 0,012). Berdasarkan hasil penelitian diharapkan melalui Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 padang pada guru Bimbingan konseling (BK) memberikan edukasi tentang cara mengatasi kenakalan remaja dengan meningkatkan kecerdasan emosional dengan cara mendorong siswa berfikir positif dan melatih cara berhubungan baik dengan orang lain.

References

Adibussholeh, H. (2022). Pengaruh Kecerdasan Emosional dengan Kenakalan Siswa HM Adibussholeh Institut Agama Islam Tribakti Kediri Abstract : Keywords : Causal Correlation ; Emotional Intelligence ; Juvenile delinquency Abstrak : Kata Kunci : Korelasi Kausal ; Kecerdasan Emosiona. Indonesiann journal of humanities and social sciences, 3(2), 151–164. https://doi.org/10.1080/0305724022000073338.3

Agustin, A. G. (2011). Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosional dan spiritual (Arga (red)). ESQ.

Amrianto. (2021). Remaja Vs Pendidikan (Guepedia (red)). The First on Publisher in Indonesia.

Gainau, M. B. (2015). Perkembangan Remaja Dan Problematikannya. PT KANISIUS. https://books.google.co.id/books?id=nYwpEAAAQBAJ&pg=PA12&dq=remaja+merupakan&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&source=gb_mobile_search&sa=X&ved=2ahUKEwjwnOvisYr8AhVESXwKHYbeDfAQ6AF6BAgKEAM#v=onepage&q=remaja merupakan&f=false

Goleman, D. (2016). Kecerdasan Emosional. PT Gramedia Pustaka Utama.

Kairupan, Michele, D. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual dengan kenakalan remaja di kelas XI IPS SMA NEGERI 1 Tombatu Kecamatan Tombatu. Journal of community and Emergency, 11(2), 50–57.

Mutia, A., Ramadhani, A., Mariskha, silvia eka, & Imawati, D. (2017). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kenakalan Remaja Di SMP PGRI 7 Samarinda. Motivasi, 5(1), 1–13.

Rizqi, M. (2022). Psikologi Pendidikan (F. Sukmawati (red)). PRADINA PUSTAKA. Santrock, J. . (2007). Adolescence: Perkembangan remaja edisi ke II (Erlangga (red)).

SUMARA, D. S., HUMAEDI, S., & SANTOSO, M. B. (2017). Kenakalan Remaja Dan Penanganannya. Prosiding
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393

Susilowati. (2009). Kecerdasan Emosi untuk Mencapai Puncak Prestasi. PT Gramedia Pustaka Utama.

Sya’baniyah, S. (2018). Hubungan Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi Dengan Perilaku Merokok. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2), 215–220. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v6i2.4560

Wahid, D., & Dianto, A. Y. (2022). HUBUNGAN ANTARA EMOTIONAL QUOTIENT DENGAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 NGANJUK Imam Rosidi IAI Pangeran Diponegoro Nganjuk. Jurnal Riset Rumpun Ilmu Pendidikan (JURRIPEN), 1(1).

Yunia, S. A. P., Liyanovitasari, & Saparwati, M. (2019). Hubungan Kecerdasan Emosional Dengan Kenakalan Remaja Pada Siswa. Jurnal Ilmu Keperawatan Jiwa, 2(1), 55–64. https://journal.ppnijateng.org/index.php/jikj/article/viewFile/296/168
Published
2024-05-31