Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan dan Komunikasi dengan Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Interne Lantai 3 RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi
Abstract
An interview of RS.Ahmad Muchtar Bukittinggi in the year 2019 (46 %) year 2020 (92,01%) and the year 2021 (90.05%) of the data found satisfaction year of year. Ten patients were interviewed for the study, and five of them reported that nurses were unresponsive and rarely inquired about their illnesses. Research used cross sectional design. In 1November 2023 study of June 13, 2023. Research was conducted at RSUD Dr. Achmad Muchtar Bukittinggi. A population of 102 patients and samples of 50 patients. The sampling technique was purposive sampling. The collection of data uses antket. Processing with editing, coding, entry and cleaning. Analysia data univariat data with frequency and presentation. Analis bivariat uses chi-square. The results of research on nursing quality in less categories (52%), communication in less categories (52%) and patient satisfaction in unsatisfied categories (60%). The existence of the quality of nursing quality with the satisfaction of the patient is that the result of the statistics test of chi-square with the value of p = 0.024 < 0.05 And the relationship of communication with the patient's satisfaction results of chi-square statistics is produced with the value of p = 0,018 <05. The conclusion: The relationships of service quality and communication with patient satisfaction. Recommended to improve quality of nursing in particular nurse components are able to give psychological touch, motivation. while respondive components (responsiveness) that nurses respond to patient complaints more quickly and improve patient communication.
References
Lestari W. Faktor- Faktor Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit. 2021;9(1):46–53.
Wardiah R. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rsud Dr. Rasidin Padang. 2021;6(1):225–31.
Dora M Silvia. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pasien. 2019;2:101–5.
Rsam Bukittinggi. Laporan Tahunan Unit Pelayanan Kesehatan Rumah Sakit Dr. Achmad Muchtar Bukittinggi. 2021. P. 100.
Hidayatulaisyah N. Hubungan Kualitas Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Husada Kota Bandar Lampung. 2022;4:19.
Khoerunnisa. Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Gunung Sindur. 2022;1(1):97–107.
Basri Ifah, Kep S, Kes M, Stikes D, Tangerang Y, Afiyanti Y, Et Al. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Dipuskesmas Periuk Jaya Tahun 2020. 2020;9(2).
Syarif M, Husnul H, Nugroho Sa. Hubungan Komunikasi Terapeutik Dengan Kepuasan Pasien Rawat Inap Puskesmas Tapen Kabupaten Bondowoso. 2020;8.
Sari. Hubungan Persepsi Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Tk.Iv Madiun Tahun 2018. 2018;
Putri A, Putra Ha, Pasien K, Inap R. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Interne Pria Dan Wanita Rsud Dr . Achmad Mochtar Bukittinggi Tahun 2014 Staf Pengajar Program Studi S1 Keperawatan Stikes Yarsi Sumbar Bukittinggi Mahasi. 2014;
Rahanjaan F. Hubungan Kualitas Pelayanan Perawat Dengan Kepuasan Keluarga Pasien Di Igd Rumah Sakit Umum Daerah Labuang Baji. 2020;
Camala A, Marwati Ta. Faktor_Faktor Yang Berhubungan Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan Ruang Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daera Bahteramas Provinsi Sulawesi Tenggara Di Masa Pandemi Covid-19. 2022;7(2).
Mundakir. Komunikasi Pelayanan Kesehatan. 2016. P. 1–246.
Tarsisia C. Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat Dengan Kepuasan Pelayanan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Brayat Minulya Surakarta. 2015;
Angela, J., Suryono, I. B., & Wijaya, S. Profiling Indonesian Medical Tourists : A Motivation-Based Segmentation Study. 2020;23(2), 205–217.
Hodikoh, A.Survey_Kepuasan_Pasien Tahun 2019. 2019
Kemenkes,. Laporan Tahunan Unit Pelayanan Kesehatan. 2021.p. 100
Ramadia, A. Hubungan komunikasi terapeutik perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap. 2022 ;10(2), 393–402.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Keperawatan Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.