Efektivitas Metode Game Based Learning Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa kelas V Dalam Pencegahan Penyakit Diare Di SDN Malaka Jaya 08 & SDN Pondok Kelapa 05 Pagi Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur Tahun 2024
Abstract
Abstrak
Latar belakang: Diare masih menjadi penyebab utama kematian dan kesakitan anak di dunia, pada kelompok umur 5-14 tahun sebanyak 182.338 kasus. Wilayah Jakarta Timur menduduki peringkat kedua kasus diare terbanyak di DKI Jakarta. Kurangnya pengetahuan anak usia sekolah tentang diare bisa menjadi penyebab tingginya kasus diare, metode game based learning menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap anak usia sekolah.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain Quasi Experiment dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design yang terdiri dari 70 sampel penelitian yang dipilih dengan teknik purposive sampling yaitu 35 responden kelompok intervensi dan 35 responden kelompok kontrol yang merupakan siswa kelas V.
Hasil: Hasil uji Wilcoxon signed rank dan Mann-Whitney 0,000 < 0,05 yang berarti adanya pengaruh metode game based learning terhadap pengetahuan dan sikap siswa. Peningkatan rata-rata pengetahuan dan sikap siswa kelompok intervensi yang lebih besar berarti metode game based learning lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap siswa tentang pencegahan penyakit diare.
Kesimpulan: Diharapkan metode game based learning ini dapat menjadi referensi untuk memberikan pendidikan kesehatan agar pengetahuan dan sikap siswa/siswi SDN meningkat sehingga dapat mencegah terjadinya penyakit diare.