PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUSY BOARD TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP, DAN PRAKTIK MITIGASI BENCANA KEBAKARAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Latar belakang: Kebakaran pada sekolah dapat diakibatkan oleh berbagai hal, diantaranya konsleting listik, kebakaran lahan dan ledakan tabung gas. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Bantul mencatat jumlah kejadian kebakaran di Bantul dari Januari-Juli 2023 terjadi sebanyak 119 kasus yang mayoritas disebabkan oleh kelalaian manusia. Kebakaran dapat menimbulkan kerugian material dan korban jiwa terutama pada kelompok rentan yaitu anak-anak. Ada banyak cara untuk menyampaikan Informasi tentang mitigasi bencana kebakaran diantaranya melalui media busy board.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian Quasi Eksperimen dengan menggunakan rancangan penelitian Pre test-Post test with Control Group. Penelitian dilaksanakan bulan Februari-April 2024. Sampel pada penelitian ini adalah Siswa kelas V Sekolah Dasar (SD) di SDN Jurug dan SDN Ngoto yang berjumlah 107 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu sampling jenuh.
Hasil: Hasil analisis dengan uji Wilcoxon menunjukkan ada perbedaan yang bermakna antara selisih pre-test dan post-test nilai pengetahuan (0,000), sikap (0,000), dan praktik (0,000) dari penggunaan media busy board. Adapun uji Mann Whitney menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada nilai selisih pengetahuan (0,001), sikap (0,000), dan praktik (0,000) pre-test dan post-test antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol.
Kesimpulan: Penyuluhan dengan menggunakan media video busy board lebih efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan praktik mitigasi bencana kebakaran dibandingkan penyuluhan dengan ceramah.