Edukasi Jajanan Sehat Menggunakan Media Kincir Angka terhadap Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Siswa
Abstract
The consumption of unhealthy snacks among junior high school students remains a significant issue that can impact health, including digestive disorders, obesity, and non-communicable diseases. Interactive health education is necessary to raise students' awareness in selecting safe and nutritious snacks. This study aimed to examine the effect of healthy snack education using the "number wheel" media on improving students’ knowledge, attitudes, and behaviors. This research employed a one-group pretest-posttest design with a quantitative approach involving 30 ninth-grade students of SMPN 1 Deli Tua selected through purposive sampling. The instruments used were questionnaires measuring knowledge (dichotomous scale), attitudes, and behaviors (Likert scale). Data analysis using the Wilcoxon test showed a significant improvement in knowledge (p = 0.000), attitude (p = 0.001), and behavior (p = 0.000) after the educational intervention. It can be concluded that healthy snack education using the number wheel media has been proven effective in improving the knowledge, attitudes, and behaviors of SMPN 1 Deli Tua students.
Downloads
References
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Pedoman Pangan Jajanan Anak Sekolah yang Aman, Bermutu, dan Bergizi. Jakarta: Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak.
BPOM RI. (2020). Laporan Tahunan Pengawasan Pangan Jajanan Anak Sekolah. Jakarta: Badan POM RI.
Astuti, S. (2020). Penggunaan Media Kincir Angka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Media Pembelajaran, 7(2), 123–130.
Wulandari, E. (2020). Pengaruh Edukasi Gizi Terhadap Sikap Siswa dalam Memilih Makanan Sehat. Jurnal Gizi Komunitas, 6(1), 45–51.
Sari, N., & Wulandari, D. (2022). Efektivitas Media Permainan dalam Meningkatkan Pengetahuan Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 10(1), 34–42.
Fadila, A., Nasution, R., & Wahyuni, D. (2021). Pengaruh Media Interaktif terhadap Pengetahuan Gizi Anak Sekolah. Jurnal Ilmiah Kesehatan Masyarakat, 13(1), 88–95.
Putri, M. A. (2019). Efektivitas Media Permainan terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Makanan Sehat. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 8(2), 101–108.
Amalia, R., & Setyowati, L. (2021). Edukasi Interaktif Meningkatkan Sikap Positif Siswa tentang Gizi. Jurnal Promkes, 9(2), 60–68.
Ramadhani, A., Damanik, H., & Fitriani, N. (2022). Penggunaan Media Visual Terhadap Sikap Siswa Dalam Pemilihan Jajanan Sehat. Jurnal Kesehatan Anak, 5(1), 15–22.
Nugroho, S. (2018). Faktor Sosial yang Mempengaruhi Sikap Siswa terhadap Jajanan Tidak Sehat. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 77–83.
Safitri, D., Latifah, M., & Mulyani, A. (2021). Edukasi Gizi Meningkatkan Perilaku Membawa Bekal Sehat. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 10(1), 40–47.
Handayani, T. (2020). Pengaruh Permainan Edukatif terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Sehat Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 99–106.
Zulfa, R., & Herlina, R. (2023). Perubahan Perilaku Makan Sehat Melalui Media Permainan. Jurnal Media Promosi Kesehatan, 4(2), 56–64.
Yuliana, D. (2019). Pengaruh Edukasi Gizi terhadap Perilaku Konsumsi Jajanan Anak: Studi Longitudinal. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 11(2), 120–128.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.