Hubungan Kebisingan dengan Keluhan Siswa SD di Nagari Nanggalo Kecamatan Koto XI Tarusan Tahun 2023
Abstract
Noise is an unwanted sound. Noise in the school environment can have negative effects on students, such as difficulty concentrating, fatigue during learning, discomfort, and communication disturbances. This study aimed to determine the relationship between noise and student complaints at elementary schools (SD) in Nagari Nanggalo, Koto XI Tarusan District, in 2023. This research used an observational analytic design. The population consisted of all students from three elementary schools in Nagari Nanggalo, totaling 443 students. Noise measurements were taken at 8 points, and the student sample consisted of 82 students. Data were collected by measuring noise levels using a Sound Level Meter and a stopwatch, as well as through direct interviews using a questionnaire. Data analysis was conducted using univariate and bivariate methods with the Chi-Square statistical test. The results showed that five of the measured points had noise levels exceeding the environmental health quality standards. A total of 26 students (31.7%) reported complaints, primarily related to difficulty concentrating and disturbances in communication during learning. The study found a significant relationship between noise and student complaints (p=0.001), indicating that noise in the school environment in Nagari Nanggalo is significantly associated with student complaints, such as difficulty concentrating and communication disturbances, with most noise levels exceeding the standard threshold.
Downloads
References
Johar, M. Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas terhadap Efektivitas Proses Belajar Mengajar Sekolah Menengah Atas Negeri 6 Bandung. (Universitas Pendidikan Indonesia, 2016).
Chandra, I. Pengaruh Kebisingan Lalu Lintas terhadap Konsentrasi Belajar dan Implikasinya Dalam Hasil Belajar Siswa Pada Lingkungan SMAN 13 Bandung. (Universitas Pendidikan Indonesia, 2013).
Budiman, C. Pengantar Kesehatan Lingkungan. (Buku Kedokteran EGC, Jakarta, 2006).
Dalimunthe, K. T. & Sari, M. V. R. Hubungan Kebisingan dengan Konsentrasi Belajar Siswa di Sekolah MAS AL Washilyah 22 Tembung. urnal Educ. Dev. (2020).
Wafiroh, A. H. Pengukuran Tingkat Kebisingan di Lingkungan SMPN 2 Jember. (Universitas Jember, 2013).
Balirante, M., Lefrandt, L. I. R. & Kumaat, M. Analisa Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Di Jalan Raya Ditinjau Dari Tingkat Baku Mutu Kebisingan Yang Diizinkan. J. Sipil Statik 8, 249–256 (2020).
Afridon, A., Hikmi, N. & Wahyudi, E. HUBUNGAN INTENSITAS KEBISINGAN DENGAN KELUHAN SUBJEKTIF PADA SISWA MAN 2 KOTA PADANG. 16, 124–128 (2022).
Lembaga Negara. Peraturan Menteri Kesehatan No. 2 Tahun 2023 tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Pemerintah No. 66 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Lingkungan.
Dilla, S. L. T. Analisis Tingkat Kebisingan terhadap Keluhan Subjektif Siswa Serta Upaya Penanggulangan Kebisingan di SMPN 30 Padang. (2015).
Zikri, M. R., Jati, D. R. & Kadarini, S. N. Analisis dampak kebisingan terhadap komunikasi dan konsentrasi belajar siswa sekolah pada jalan padat lalu lintas. 1–10 (2012).
Dalimunthe, K. T. & Sari, M. V. R. Hubungan Kebisingan Dengan Konsentrasi Belajar Siswa Di Sekolah Mas Al Washliyah 22 Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. J. Educ. Dev. 8, 380–383 (2020).
Anggela, S. Analisis Risiko Kebisingan di Sekolah Dasar Negeri Kota Jambi Akibat Arus Lalus Lintas. 3, 627–636 (2024).
Gilavand, A. & Jamshidnezhad, A. The effect of noise in educational institutions on learning and academic achievement of elementary students in Ahvaz, South-West of Iran. Int. J. Pediatr. 4, 1453–1463 (2016).
Hamidun, M. S. Efektivitas Penyerapan Kebisingan Oleh Jenis Pohon Pelindung Jalan di Provinsi Gorontalo. (2021).
Merdekawati Noralita Soludale, A. & Bhara, F. K. KEBISINGAN LALU LINTAS PADA SD NEGERI CONTOH MAUMERE DENGAN METODE CoTRN. J. Tek. Sipil dan Arsit. 29, 1–9 (2024).
MULYATI, S. Hubungan Tingkat Kebisingan Lalu Lintas Dengan Konsentrasi Siswa Saat Pembelajaran Di Smpn 01 Dan Smpn 04 Kota Bengkulu. J. Nurs. Public Heal. 10, 142–147 (2022).

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Kesehatan Lingkungan Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.