EFEKTIVITAS SENAM OTAK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V DI YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM ISTIQOMAH MEDAN TAHUN 2020
Abstract
Brain exercise is a series of simple movements that help optimize the function of all kinds of centers in the human brain. The brain exercise method focuses on the use of movemment activities to draw out all one’s potential so that it is expected to facilitate blood flow and stretch nerves due to fatigue and stress of learning. The purpose of this study was to determine the effectiveness of brain exercise on learning concentration in grade V students at the Istiqomah Medan Islamic Education Foundation. This study used a quasi experimental research design with one group pretest-posttest designs. Analysis of data using the wilcoxon test. Population of 42 students, the sampling technique used a total population of 42 students. The results of data processing using the wilcoxon test obtained a p value of 0,000 < 0,05 then Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion is that there is the effectiveness of brain exercise on learning concentration in grade V students at the Istiqomah Medan Islamic Education Foundation. The suggestion from the reseacher is to recommend the teacher to intruct students to do brain exercises to increase learning concentration.
Downloads
References
Ikbal. Pengaruh Senam Otak Terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Keperawatan UIN Alauddin Makassar. Skripsi, Univ Islam Negeri Alauddin Makassar. 2017.
Sa’bana. Pengaruh Pelatihan Brain Gym Terhadap Peningkatan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas VII MTsN 1 Yogyakarta. Skripsi, Univ Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2017.
Ikawati. Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa KMS (Kartu Menuju Sejahtera) Menggunakan Konseling Kelompok Bagi Siswa.; 2016.
Ramadhani. Pengaruh Terapi Bermain Puzzle Terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelas I di Sd Negeri Pokoh 1 Ngemplak Yogyakarta. J Med Respati. 2016;Vol.11:37-43.
Widyanti & proverawati. Senam Kesehatan.; 2019.
Journal of Nature Communications. Suplai Darah dan Oksigen ke Otak Meningkat Saat Olahraga. 2019. m.republika.co.id.
Supardi. Metodologi Riset Keperawatan.; 2013.
Fredianto & Hidayat. Hubungan Tingkat Konsentrasi Siswa Dengan Hasil Underhend Pass Bolavoli (Studi Pada Siswa Kelas XI IIS 4 SMA Negeri 1 Krembung, Sidoarjo. Pendidik Olahraga Dan Kesehat. 2016:34-39.
Sofia & Adiyanti. Hubungan Pola Asuh Otoritatif Orang Tua dan Konformitas Teman Sebaya Terhadap Kecerdasan Moral. 2013.
King. Psikologi Umum : Sebuah Pandangan Apresiatif Buku 2. In: ; 2012:Jakarta, Salemba Humanika.
Naufal. Pengaruh Brain Gym Terhadap Konsentrasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD Di SDN 2 Sempusari Jember. 2016.
Surya H. Strategi Jitu Mencapai Kesuksesan Belajar.; 2011.
Nuryana. Efektivitas Brain Gym Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. J Ilm Berk Psikol. 2010;Vol 12 (1):88-99.
Nunung. Pengaruh Senam Otak Terhadap Tingkat Konsentrasi Mahasiswa. J Kesehat Hesti wira Sakti. 2015;Vol 3 (3):69-74.
Diana D. Stimulasi Perkembangan Anak Paud 1. In: ; 2017:Surakarta : CV Keukata Group.
Copyright Notice
Pernyataan Hak Cipta dan Lisensi
Dengan mengirimkan manuskrip ke Jurnal Sehat Mandiri, penulis setuju dengan kebijakan ini. Tidak diperlukan persetujuan dokumen khusus.
Hak Cipta :
Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional
Hak cipta atas artikel apa pun di Jurnal Sehat Mandiri dipegang penuh oleh penulisnya di bawah lisensi Creative Commons CC BY-NC-SA 4.0.
- Hak cipta pada setiap artikel adalah milik penulis.
- Penulis mempertahankan semua hak mereka atas karya yang diterbitkan, tak terbatas pada hak-hak yang diatur dalam laman ini.
- Penulis mengakui bahwa Jurnal Sehat Mandiri sebagai yang pertama kali mempublikasikan dengan lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA-4.0).
- Penulis dapat memasukan tulisan secara terpisah, mengatur distribusi non-ekskulif dari naskah yang telah terbit di jurnal ini kedalam versi yang lain (misal: dikirim ke respository institusi penulis, publikasi kedalam buku, dll), dengan mengakui bahwa naskah telah terbit pertama kali pada Jurnal Sehat Mandiri.
- Penulis menjamin bahwa artikel asli, ditulis oleh penulis yang disebutkan, belum pernah dipublikasikan sebelumnya, tidak mengandung pernyataan yang melanggar hukum, tidak melanggar hak orang lain, tunduk pada hak cipta yang secara eksklusif dipegang oleh penulis.
- Jika artikel dipersiapkan bersama oleh lebih dari satu penulis, setiap penulis yang mengirimkan naskah menjamin bahwa dia telah diberi wewenang oleh semua penulis bersama untuk menyetujui hak cipta dan pemberitahuan lisensi (perjanjian) atas nama mereka, dan setuju untuk memberi tahu rekan penulis persyaratan kebijakan ini. Jurnal Sehat Mandiri tidak akan dimintai pertanggungjawaban atas apa pun yang mungkin timbul karena perselisihan internal penulis.
Lisensi :
Jurnal Sehat Mandiri diterbitkan berdasarkan ketentuan Lisensi Creative Commons Atribusi-NonKomersial-BerbagiSerupa 4.0 Internasional (CC BY-NC-SA 4.0). Lisensi ini mengizinkan setiap orang untuk :
Menyalin dan menyebarluaskan kembali materi ini dalam bentuk atau format apapun serta menggubah, memperbaiki, dan membuat ciptaan turunan, bahkan untuk kepentingan komersial, selama mereka mencantumkan kredit kepada Penulis atas ciptaan asli.